MATERI 2 SEMESTER 2: THERE IS/THERE ARE AND HOW MUCH/HOW MANY


KEGIATAN BELAJAR 2_MODUL 1_SEMESTER GENAP 2020/2021

THERE IS/THERE ARE 

 AND 

HOW MUCH/HOW MANY


A.  VOCABULARIES

 

COUNTABLE AND UNCOUNTABLE NOUN 

 

 

Tabel 2.1 Contoh Countable Noun dan Uncountable Noun

Dalam bahasa Indonesia, kita biasanya menggunakan kata “banyak” untuk menyatakan jumlah barang atau benda. Nah, kalau dalam bahasa Inggris, kita bisa gunakan kata “many” dan juga “much”. Meskipun keduanya memiliki arti yang sama, yaitu banyak, tapi many dan much sangat berbeda dari segi penggunaan katanya. Kenapa begitu?

Teman-teman harus tahu dulu, menurut kuantitasnya, benda digolongkan menjadi dua. Apa saja ya? Pertama adalah benda yang dapat dihitung jumlahnya (countable noun). Contohnya, candy, ice cream, room, pencil, pen, etc. Kedua adalah benda yang tidak dapat kita hitung jumlahnya (uncountable noun), misalnya seperti milkmoneysugaroxygenelectricity, etc.

Apa sih hubungannya antara many dan much dengan countable noun dan uncountable noun? Oke, kita bahas satu persatu ya.

MANY

Many digunakan untuk benda yang jumlahnya dapat kita hitung dengan jelas (countable noun).

Contoh:

  • My brother has many toys. (Adik laki-laki saya mempunyai banyak mainan).
  • I have so many friends. (Saya mempunyai banyak sekali teman).
  • How many comics do you have? (Berapa banyak komik yang kamu punya?).
  • There are many animals at Ragunan Zoo. (Ada banyak binatang di kebun binatang Ragunan).
  • How many oranges do you want to eat? (Berapa banyak jeruk yang ingin kamu makan?).

MUCH

Sementara itu, much digunakan untuk benda yang jumlahnya tidak dapat kita hitung dengan jelas (uncountable noun).

Contoh:

  • You need much money to buy that house. (Kamu butuh banyak uang untuk membeli rumah itu).
  • How much time do we have to finish the test? (Berapa banyak waktu yang kita miliki untuk menyelesaikan tes?)
  • I put too much sugar in your coffee. (Saya menaruh terlalu banyak gula di kopimu).
  • There is too much dust in the window. (Ada terlalu banyak debu di jendela).
  • How much flour does she need to make a cake? (Berapa banyak tepung yang dia butuhkan untuk membuat kue?).  
Tabel 2.2 Many and Much

Resource : https://blog.ruangguru.com/perbedaan-many-dan-much-beserta-contohnya

 

ROOM'S NAME

NO

NAME

MEANING

1

air conditioning

pendingin udara

2

basketball court

lapangan basket

3

bathroom

kamar mandi

4

bedroom

kamar tidur

5

bicycle shed

gudang sepeda

6

cafeteria

kafetaria, restoran dimana pembeli melayani sendiri

7

canteen

kantin

8

classrooms

ruang kelas

9

computer room

ruang komputer

10

dining room

ruang makan

11

football field

lapangan sepakbola

12

garage

garasi

13

garden

kebun

14

kitchen

dapur

15

laboratory

laboratorium

16

language lab

lab bahasa

17

library

perpustakaan

18

living room

ruang tamu

19

mosque

masjid

20

music room

ruang musik

21

parking lot

tempat parkir

22

school hall

aula

23

school yard

halaman sekolah

24

security guard

penjaga keamanan

25

storage room

gudang

26

study room

ruang belajar.

27

swimming pool

kolam renang

28

toilet

toilet

29

warehouse

gudang

30

 

 

 Tabel 2.3 Room's Name

  

PREPOSITION OF PLACE

NO

PREPOSITION

MEANING

1

in/inside



di dalam

2

on

di atas (menyentuh)

3

under


di bawah

4

above


di atas

5

over


di atas

6

in front of


di depan

7

behind


di belakang

8

next to


di samping

9

near


di dekat


10

between


di antara

11

opposite


di seberang

 Tabel 2.4 Preposition of Place

B.  GRAMMAR

1.    There is / There are

Kita menggunakan ‘There is’ dan ‘There are’ untuk menyatakan bahwa orang atau benda itu ada.

Pola kalimat (pattern):

There is

+

Singular noun

+

Preposition of place + Noun/noun gabungan (Noun Phrase).

(Adverb of place)

There isn’t

+

Singular noun

 

Preposition of place + Noun/noun gabungan (Noun Phrase).

(Adverb of place)

Is there

+

Singular noun

 

Preposition of place + Noun/noun gabungan (Noun Phrase)?

(Adverb of place)

Yes, there is

No, there isn’t

Tabel 2.5 Pola kalimat 'There is'

Contoh:

(+) There is a wardrobe in the bedroom.   In (preposition of place) + the bedroom (noun            phrase) ----- adverb of place

(-) There is not (isn’t) a television in the bedroom.

(?) Is there a wardrobe in the bedroom? Yes, there is.

(?) Is there a television in the bedroom? No, there isn’t.

There are

+

Plural noun

+

Preposition of place + Noun/noun gabungan (Noun Phrase).

(Adverb of place)

There aren’t

+

Plural noun

 

Preposition of place + Noun/noun gabungan (Noun Phrase).

(Adverb of place)

are there

+

plural noun

 

Preposition of place + Noun/noun gabungan (Noun Phrase)?

(Adverb of place)

Yes, there is

No, there isn’t

Tabel 2.6 Pola Kalimat ' There are'

(+) There are two plates on the table.

      (S + be)      Noun          Adverb of place

(-) There are not three plates on the table. 

(?) are there two plates on the table? Yes, there are.

(?) are there three plates on the table? No, there aren’t

 

2.    How many

How many

§ Kita menggunakan “How many…?” untuk menanyakan jumlah orang, binatang dan benda yang dapat dihitung (countable noun)

§ Pola kalimat (patterns) dan contoh: 

 

Question (Pertanyaan)

Answer (Jawaban)

How many + plural noun

be

subject

Adverb of place

Question Mark

Subject

be

Noun phrase

How many students

are

there

in the classrooms

?

There

are

thirty students

 

Question (Pertanyaan)

Answer (Jawaban)

How many + plural noun

do

S

Verb based

Question Mark

S

verb

Noun phrase

 

How many hamsters

do

you

have

?

I

have

two hamsters.

 

 

 

Question (Pertanyaan)

Answer (Jawaban)

How many + plural noun

be

S

Main verb

Question Mark

S

verb

Noun phrase

How many backpacks

does

your sister

have

?

She

has

a backpack.

 Tabel 2.7 Pola Kalimat Pertanyaan dengan 'How many'

Remember: kata ‘how many ‘selalu diikuti kata benda dalam bentuk plural (Plural noun)

3.    How much

How much

How much hampir sama dengan how many namun juga terdapat perbedaan. How digunakan untuk menanyakan bagaimana sedangkan much digunakan untuk menyatakan banyak, namun yang dimaksud disini adalah sesuatu yang banyak yang tidak dapat dihitung atau uncountable noun. Sehingga, how much digunakan untuk menanyakan jumlah sesuatu yang tidak dapat dihitung(uncountable noun).

Contoh Kalimat :

·  How much money is your money in a bank? (berapa banyak uang mu di bank?)

·  How much rice do you have? (berapa banyak beras yag kamu miliki)

·  How much sand is in that beach? (berapa banyak pasir di pantai itu?)

·  How much sugar do you add into my coffee? (berapa banyak gula yang kamu tambahkan di kopi ku?)

·  How much milk do you want? (berapa banyak susu yang kamu butuhkan?)

Resource:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/how-many-vs-how-much-manakah-yang-lebih-tepat-untuk-digunakan/

 

 C. UJI KOMPETENSI

 Silahkan uji pemahaman kalian dengan mengerjakan quiz berikut:

1. COUNTABLE AND UNCOUNTABLE NOU43674188

2. COUNTABLE AND UNCOUNTABLE NOUN_2

3. COUNTABLE AND UNCOUNTABLE_3

4. THERE IS AND THERE ARE


##### GOOD LUCK ####

 

 


Comments

Popular posts from this blog

MONOLOG AND DIALOG OF INTRODUCING ONE'S SELF AND OTHER

PRONOUN (KATA GANTI BENDA) IN A SENTENCE

MATERI 1 SEMESTER 2 : ARTICLES (A,AN,THE) AND SINGULAR PLURAL